Selasa, 17 Mei 2011

jenis makanan kaya akan protein

Sebelum membahas tentang makanan yang kaya protein,kita bahas dulu tentang
Apa itu Protein ??

Kata protein sebenarnya berasal dari kata yunani, yaitu 'protos' yang artinya = pertama yang paling penting.

Protein adalah suatu senyawa organik yang mempunyai berat molekul besar antara ribuan hingga jutaan satuan(g/mol). Protein tersusun dari atom-atom C,H,O dan N ditambah beberapa unsur lainnya seperti P dan S. Atom-atom itu membentuk unit-unit asam amino. Urutan asam amino dalam protein maupun hubungan antara asam amino satu dengan yang lain, menentukan sifat biologis suatu protein.

Secara kimia dapat dibedakan antara protein sederhana yang terdiri dari polipeptida dan protein kompleks yang mengandung zat-zat makanan tambahan seperti hern, karbohidrat, lipid atau asam nukleat. Untuk protein kompleks, bagian polipeptida dinamakan aproprotein dan keseluruhannya dinamakan haloprotein.
Secara fungsional protein juga menunjukkan banyak perbedaan. Dalam sel mereka berfungsi sebagai enzim, bahan bangunan, pelumas dan molekul pengemban. Tapi sebenarnya protein merupakan polimer alam yang tersusun dari berbagai asam amino melalui ikatan peptida.

Fungsi protein

Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh, proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa harus sedikitnya mengonsumsi 1 g protein pro kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet.

Manfaat Protein

Protein bermanfaat sebagai Sumber energi, Pembetukan dan perbaikan sel dan jaringan, Sebagai sintesis hormon,enzim, dan antibodi. Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel.

nah....! sekarang kita bahas jenis makanan yang kaya akan protein..


1. AYAM

Ayam merupakan salah satu makanan enak yang menjadi favorit kita,selain harganya murah, daging ini juga mudah didapat. Karena banyak masyarakat kita yang memelihara hewan ini, dan di berbagai tubuhnya tersebar kandungan protein. Dan kandungan Protein yang paling tinggi didapat pada Dada Ayam.

Kandungan Protein yang ada pada Ayam:

- Bagian dada, 3,5 oz - 30 gram protein
- Bagian paha - 10 gram protein
- Bagian Sayap - 6 gram protein

- Daging ayam dimasak (4 oz) - 35 gram protein
*(untuk ukuran rata-rata)*

Tetapi perlu diingat bahwa cara memasak makanan berpengaruh terhadap perubahan kandungan nutrisinya. Dada ayam goreng akan jauh lebih berlemak daripada dada ayam yang direbus atau dipanggang. Jadi cara pemprosesan yang terbaik adalah dengan mengkukus, merebus dan memanggang. Hindari memasak dada ayam dengan cara menggoreng. Kandungan lemak dan kolesterolnya akan meningkat tajam setelah digoreng. Jangan lupa juga untuk memisahkan dan tidak mengkonsumsi kulit dan jerohan ayam karena mengandung kadar lemak yang tinggi pula.

100 gr dada ayam rebus tanpa kulit mengandung 29 gr protein; 165 mg fosfor; 22,3 mcg selenium; 0,3 mg vitamin B6; 8,5 mg niacin; 78,5 mg choline. Kandungan jenis protein dan asam amino yang tertinggi adalah glutamic acid yaitu sebesar 4340 mg disusul aspartic aci

d (2583 mg), lysine (2462 mg) dan leucine (2175 mg).

2. TELUR

Telur mungkin sudah cukup sering kita dengar sebagai sumber protein yang tinggi.Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain. Selain itu, telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan. Hampir semua orang membutuhkan telur.


Nilai gizi telur

Sebenarnya apa saja kandungan dalam sebutir telur? Berikut adalah tabel nilai gizi telur dalam 100 gram bahan makanan. (100 garam itu, kira-kira 2 butir telur ayam kampung).

Zat gizi

Telur ayam

Telur bebek

Telur penyu

Kalori (kcal)

162

189

144

Protein (gr)

12,8

13,1

12

Lemak (gr)

11,5

14,3

10

Karbohidrat (gr)

0,7

0,8

0

Vitamin A (SI)

900

1230

600

Thiamin (mg)

0,10

0,18

0,11

Vitamin C

0

0

0

Telur Mentah dan Matang
Telur ayam dimasak dalam berbagai cara mulai dari yang manis sampai asin. Jadi telur sendiri dapat diasinkan, direbus, digoren
g dadar atau ceplok, didinginkan atau dimakan mentah. Namun konsumsi telur mentah tidak dianjurkan bagi orang-orang yang mudah terinfeksi salmonella, seperti orang berusia lanjut, orang sakit atau lemah dan wanita hamil. Sebagai tambahan juga, telur mentah hanya mengandung 51% zat gizi biologis sementara telur yang sudah dimasak mengandung hampir 91% zat gizi biologis. Artinya, kandungan protein dalam telur matang hampir dua kali lipat dapat diserap tubuh daripada telur mentah jika dikonsumsi.

Merebus telur terlalu lama akan menyebabkan munculnya lingkaran berwarna kehijauan pada kuning telur. Hal itu menunjukkan munculnya senyawa besi dan sufur pada telur rebus. Juga dapat terjadi jika air yang digunakan untuk merebus telur terlalu banyak mengandung besi. Rasanya tidak akan berubah, namun merebus terlalu lama akan menurunkan kualitas proteinnya. Dinginkan telur di air dingin beberapa saat setelah direbus (hingga benar-benar dingin) dapat mencegah munculnya lingkaran kehijauan tersebut. Telur yang dimasak juga sedikit meningkatkan resiko penyakit atherosclerosis karena meningkatnya proses oksidasi kolesterol yang terkandung dalam kuning telur.

Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandung lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Kandungan kolesterol di dalam 100 gram telur adalah sekitar 424 mg. Wow, cukup banyak ya. Padahal kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg perhari. Jadi, mengkonsumsi telur sebaiknya cukup sekitar 2 butir per minggu. Selang-selingi lauk hewani dengan bahan makanan lain untuk meningkatkan variasi makanan. Sesuai dengan pesan dari pedoman umum gizi seimbang (PUGS) yaitu makanlah bervariasi makanan, karena tidak ada satu jenis makanan yang mempunyai kandungan gizi lengkap.

3. DAGING SAPI


Disamping Rasanya yang Khas dan Enak... Daging sapi juga mampu memenuhi kandungan gizi manusia. Daging sapi merupakan salah satu sumber esensial protein hewani dan lemak.
untuk memenuhi kecukupan Protein dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi daging sapi.
Menurut perhitungan para Ahli, setiap 100 gram daging sapi mengandung 19-20 gram protein. Dan pada makanan olahan daging sapi, seperti corneed, daging asap ataupun dendeng, kadar protein yang dihasilkan jauh lebih tinggi, yaitu antara 24-55 gram protein per 100 gram.
Nah.....! dengan mengkonsumsi 200 gram daging sapi, maka kita sudah bisa memenuhi kebutuhan protein sehari, yaitu 48 gram.


4. IKAN TUNA

Salah satu jenis ikan yang banyak diminati, baik di pasar lokal maupun internasional, adalah ikan tuna. Tingginya nilai jual tuna disebabkan karena rasanya yang lezat dan banyak mengandung zat gizi yang mampu menyehatkan bagi segala usia. Tuna sudah menjadi seafood yang populer hingga beberapa spesiesnya seperti jenis bluefin (sirip biru, jenis terbesar mencapai 680 Kg) terancam punah karena terlalu banyak ditangkap untuk kebutuhan komersial. Sementara tuna jenis bigeye (mata besar) dan yellowfin (mandidihang/sirip kuning) juga terkenal sebagai pilihan terbaik untuk konsumsi.
Tidak seperti je nis ikan laut lainnya yang berdaging putih, tuna berdaging merah muda hingga merah tua karena jaringan ototnya berkapasitas oksigen lebih tinggi daripada spesies ikan lainnya. Posisi perairan Indonesia yang terletak di antara Samudera Hindia dan Pasifik merupakan tempat perlintasan ikan tuna dalam pengembaraan jarak jauhnya. Selain tiga jenis tuna yang disebut diatas, ada pula jenis cakalang (skipjack), abu-abu dan albakora atau tongkol.

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali lipat kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Kadar protein per 100 gram tuna 22,6-26,2 gram. Bahkan jenis protein pada tuna sangat berkualitas tinggi karena mengandung berbagai asam amino esensial dan mudah dicerna segala usia.
Kalau susah memperoleh tuna segar, tuna kalengan sekalipun "d iberi gelar" salah satu menu pokok diet sehat. Cukup dengan mengkonsumsi 6 ons (180 gr) tuna sudah mencukupi sepertiga kebutuhan pro tein harian yang dianjurkan. Ahli nutrisi dan personal trainer sangat menganjurkan konsumsi tuna karena tinggi protein tetapi rendah lemak dan kolesterol (tidak seperti makanan sumber protein lain). Protein sangat esensial membangun massa otot yang lean (tak berlemak) dan mensuplai energi tubuh.

Selain itu, Tuna juga kaya berbagai mineral esensial bagi tubuh seperti iodium yang jumlahnya mencapai 28 kali lipat daripada ikan air tawar. Kandungan vitamin pada tuna (terutama jenis sirip biru) sangat tinggi, mencapai 2,183 IU. Konsumsi 100 gr tuna sirip biru cukup untuk memenuhi 43,6% kebutuhan vitamin A setiap hari. Vitamin A sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel, peningkatan imunitas tubuh, pertumbuhan, penglihatan, dan reproduksi. Sebagai salah satu komoditas laut, tuna kaya asam lemak omega-3 EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Kandungan omega-3 mencapai 300 mg per serving atau 28 kali lebih banyak daripa da ikan air tawar.Manfaat tuna yang lain,yaitu mencegah berbagai penyakit.
Selain manfaatnya untuk kesehatan kardiovaskular (jantung), konsumsi tuna juga bermanfaat untuk:
Mencegah stroke,Mencegah obesitas dan diabetes,Mencegah leukimia,dan Mencegah kanker payudara.

5. SUSU

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayisebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berba gai produk seperti mentega, yogurt, ice cream,keju, susu bubuk, susu kental manis, dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.





SUSU SAPI

Dari sekian banyak jenis susu yang paling banyak dikonsumsi adalah su su sapi,dan susu sapi juga bisa didapat dimana-mana. Bahkan produk seperti mentega, yogurt, ice cream,keju, susu bubuk, susu kental manis,kebanyakan berasal dari susu sapi.
Komposisi gizi susu sapi terdiri atas protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin, dan mineral.


Nutrisi

Satuan

Jumlah

Air

g

87,8

Energi

Kk

al

66,0

Protein

g

3,2

Lemak

g

3,9

Karbohidrat

g

4,8


SUSU KAMBING

Meski belum terlalu familiar, namun kandungan fluorine dan protein tinggi pada susu kambing, membuat susu ini banyak diminati keluarga Indonesia. Bahkan, sebagian orang menyukai susu kambing karena teksturnya.

Kandungan fluorine yang terdapat pada susu kambing berkisar antara 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi. Kandungan fluorine bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.

Sehingga, bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan. Selain itu, kandungan gizi di dalam susu kambing bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing pun biasanya dikonsumsi sekadarnya saja, atau lebih karena susu ini dianggap mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di Timur Tengah sejak 7000 SM. Padahal, susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing terbaik adalah susu yang segar (raw goat milk).

Kadar nutrisi dan khasiat susu kambing amatlah istimewa. Komposisi gizinya –baik dari segi protein, energi, maupun lemak — mendekati komposisi ASI, air susu ibu. Susu kambing mengandung 3 s/d. 4 % Protein, 4 s/d 7 % Lemak, 4,5 % Karbohidrat, 134 gram Kalsium, dan 111 gram Forfor (dalam setiap 100 ml susu kambing).


SUSU KEDELAI

Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik dan memiliki cukup banyak vitamin dan mineral. Kadar protein kedelai cukup tinggi, yaitu mencapai 35,6 % (berat kering), bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %. Dibandingkan dengan beras, jagung, tepung singkong, kacang hijau, daging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai kadar protein susu skim kering.

Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157,14 gram kedelai. Asam-asam amino lysine, leusin, dan isoleusin merupakan asam amino yang terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan isoflavon. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon, yaitu sumber antioksidan potensial. Isoflavon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, dan mengurangi risiko kanker. Untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kehalusan dan kemulusan kulit.

Susu kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein susu kedelai memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga susu kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani.

Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama karena kandungan proteinnya. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Namun perhatian masyarakat kita terhadap jenis minuman ini pada umumnya masih kurang. Susu kedelai ini harganya lebih murah daripada susu produk hewani. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan keterampilan khusus. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak.

Untuk memperoleh susu kedelai yang baik, kita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik.











Tidak ada komentar: